Journal article
PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED EASE OF USE PADA MINAT PENGGUNAAN INTERNET BANKING DENGAN ATTITUDE TOWARD USING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Rajendra Prasada Bangkara Ni Putu Sri Harta Mimba
Volume : 16 Nomor : 3 Published : 2016, September
e-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana
Abstrak
Teknologi penggunaan internet banking merupakan suatu cara untuk memudahkan nasabah dalam nelakukan transaksi perbankan dengan menggunakan jaringan internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use, pada minat (intention) penggunaan internet banking dengan sikap (attitude toward using) sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan pada UMKM usaha dagang di Kota Denpasar karena memiliki jumlah UMKM usaha dagang yang paling besar di Bali. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 92 perusahaan dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa variabel perceived usefulness, perceived ease of use, dan attitude toward using berpengaruh positif pada minat penggunaan internet banking.