Journal article
PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE OPPO
Nyoman Tri Putri Utami Ni Ketut Seminari
Volume : 7 Nomor : 6 Published : 2018, June
E-jurnal Manajemen Unud
Abstrak
Seiring dengan perkembangan teknologi smartphone di Indonesia menyebabkan semakin tingginya persaingan antar perusahaan. Smartphone Oppo saat ini telah menduduki pangsa pasar yang semakin meningkat di Indonesia dan sedang gencar-gencar melakukan promosi menggunakan celebrity endorser. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat beli menggunakan smartphone Oppo dengan menggunakan variabel kredibilitas celebrity endorser dan varibel mediasi yakni citra merek. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan menggunakan ukuran sampel sebesar 115 orang dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu path analysis serta uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kredibilitas celebrity endorser secara signifikan berpengaruh positif terhadap niat beli untuk menggunakan smartphone Oppo. Citra merek secara signifikansi mampu memediasi hubungan antara kredibilitas celebrity endorser terhadap niat beli smartphone Oppo. Saran yang dapat dijadikan acuan bagi perusahaan dan pemasar ialah diharapkan untuk memperhatikan kualitas dari kredibilitas celebrity endorser dengan pemilihan celebrity yang baik akan membuat citra produk yang semakin dikenal. Kata kunci: kredibilitas celebrity endorser, citra merek, niat beli