Journal article
Pengaruh Lifestyle, Efek Komunitas dan Fitur Produk Terhadap Bran Switching Warung Internet ke Wifi Id Corner (Studi pada Wifi Id Corner di Denpasar)
I Putu Wimahayana Adnyana Ni Ketut Seminari
Volume : 1 Nomor : 3 Published : 2018, March
Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Abstrak
Konsumen sebelumnya menggunakan warung internet untuk memenuhi kebutuhannya dalam hal pencarian informasi di internet. Perkembangan zaman dan teknologi ke arah yang lebih modern, berdampak munculnya banyak teknologi baru yang bergerak di bidang telekomunikasi dan informasi seperti contoh teknologi Wi-Fi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lifestyle, efek komunitas serta fitur produk kepada brand switching. Penelitian di lakukan di Kota Denpasar dengan pelanggan Wifi id corner sebagai subjek penelitian. Ukuran sampel yang digunakan berjumlah 102 orang dengan perhitungan 17 x 6 = 102 (jumlah indikator dikali 5 sampai 10). Penentuan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara. Skala Likert digunakan untuk mengukur 17 indikator dari empat variabel penelitian. Regresi linier berganda adalah teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel yang diuji telah valid dan reliabel serta uji asumsi klasik menyatakan model penelitian sudah layak untuk diujikan. Hail penelitian menunjukkan bahwa eluruh variabel bebas (lifestyle, efek komunitas dan fitur produk) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan brand switching konsumen wifi id corner di Denpasar. Kata kunci: Lifestyle, efek komunitas, fitur produk, brand switching