Journal article
PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN
Ni Made Putri Dewi Ni Wayan Ekawati
Volume : 6 Nomor : 9 Published : 2017, September
E- Journal Manajemen Unud
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjelaskan pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dan peran keunggulan bersaing dalam memediasi pengaruh orietasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini dilakukan pada pemilik atau pengelola UKM laundry di Kecamatan Kuta Selatan. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 108 responden. Penentuan sampel menggunakan teknik NonProbability Sampling dengan Sampling Purposive. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Path Analysis dan Uji Sobel. Berdasarkan hasil analisis data, keseluruhan hipotesis diterima dimana orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan keunggulan bersaing mampu memediasi secara positif pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada UKM laundry di Kecamatan Kuta Selatan. Kata kunci: orientasi pasar, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran ABSTRACT This study was conducted with the aim of explaining the effect of market orientation on competitive advantage, competitive advantage on marketing performance, market orientation to marketing performance and competitive advantage in mediating the influence of market orietation on marketing performance. This research was conducted on the owner or manager of laundry SME in Kecamatan Kuta Selatan. The sample size used in this study was 108 respondents. Determination of sample using technique of NonProbability Sampling with Purposive Sampling. The analytical technique used in this research is Path Analysis and Sobel Test. Based on the results of the data analysis, the overall hypothesis is accepted that market orientation has a positive and significant impact on competitive advantage, competitive advantage has a positive and significant effect on marketing performance, market orientation has positive influence and significant influence on marketing performance, and competitive advantage can positively mediate the effect of market orientation On Marketing performance at SME laundry in Kecamatan Kuta Selatan. Keywords: market orientation, competitive advantage, marketing performance