Journal article
PERAN KEPERCAYAAN DALAM MEMEDIASI PERSEPSI NILAI TERHADAP NIAT BELI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN
Ni Luh Putu Sari Wukandari Ni Wayan Ekawati
Volume : 4 Nomor : 7 Published : 2015, July
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
Kepercayaan berhubungan dengan rasa yakin yang dimiliki seseorang terhadap suatu produk, sehingga apabila produk tersebut sesuai dengan apa yang dijanjikan, maka akan mempengaruhi niat beli seseorang. Berhubungan dengan hal itu, kepercayaan juga dapat timbul melalui persepsi nilai yang dilakukan konsumen dengan mengevaluasi suatu produk, sehingga persepsi nilai menjadi penentu penting dalam mempengaruhi kepercayaan pelanggan dan niat beli produk. Mengetahui pengaruh persepsi nilai terhadap niat beli dengan peran kepercayaan sebagai mediator adalah tujan dari penelitian. Penelitian mengacu pada pemasaran produk ramah lingkungan, yaitu Oriflame sebagai obyek penelitian dan lokasi penelitian dilakukan di Denpasar dengan jumlah sampel 105 responden. Hasil analisis dengan path analysis dan teknik sobel membuktikan adanya pengaruh positif yang signifikan antara persepsi nilai dengan niat beli produk, antara persepsi dengan kepercayaan, dan antara kepercayaan dengan niat beli produk. Kepercayaan sangat berperan dan mampu memediasi persepsi nilai terhadap niat beli produk. Kata kunci : kepercayaan, persepsi nilai, dan niat beli