Journal article

Peran Kepercayaan dalam Memediasi Persepsi Nilai terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan

Ni Luh Putu Sari Wulandari Ni Wayan Ekawati

Volume : 4 Nomor : 8 Published : 2015, May

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

ABSTRAK Kepercayaan berhubungan dengan rasa yakin yang dimiliki seseorang terhadap suatu produk, sehingga apabila produk tersebut sesuai dengan apa yang dijanjikan, maka akan mempengaruhi niat beli seseorang. Berhubungan dengan hal itu, kepercayaan juga dapat timbul melalui persepsi nilai yang dilakukan konsumen dengan mengevaluasi suatu produk, sehingga persepsi nilai menjadi penentu penting dalam mempengaruhi kepercayaan pelanggan dan niat beli produk. Mengetahui pengaruh persepsi nilai terhadap niat beli dengan peran kepercayaan sebagai mediator adalah tujan dari penelitian. Penelitian mengacu pada pemasaran produk ramah lingkungan, yaitu Oriflame sebagai obyek penelitian dan lokasi penelitian dilakukan di Denpasar dengan jumlah sampel 105 responden. Hasil analisis dengan path analysis dan teknik sobel membuktikan adanya pengaruh positif yang signifikan antara persepsi nilai dengan niat beli produk, antara persepsi dengan kepercayaan, dan antara kepercayaan dengan niat beli produk. Kepercayaan sangat berperan dan mampu memediasi persepsi nilai terhadap niat beli produk. Kata kunci : kepercayaan, persepsi nilai, dan niat beli ABSTRACT Trust associated with a sense of confidence that one has of a product, so that when the product is in accordance with what is promised, it will affect someone's purchase intention. Associated with it, trust can also arise through consumer perception of value is done by evaluating a product, so that the perception of value becomes important determinant in influencing customer trust and intention to buy the product. Determine the effect of perceived value on purchase intentions with confidence role as mediator is tujan of research. The study refers to the green marketing with eco-friendly products, namely Oriflame as research objects and locations in Denpasar research conducted with a sample of 105 respondents. The results of the analysis with path analysis and Sobel techniques prove the existence of a significant positive effect between the perception of value with the intention of purchasing the product, between perception and trust, and the trust with the intention of purchasing the product. Trust plays an important role and is able to mediate the perception of the value of the product purchase intention. Keywords: trust, perceived value and purchase intention