Journal article

PERAN GENDER DALAM MENJELASKAN PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP NIAT BELI (Studi Kasus Produk Kosmetik Hijau Merek Oriflame Di Kota Denpasar)

Bagus Made Adi Suprapta Yasa Ni Wayan Ekawati

Volume : 4 Nomor : 6 Published : 2015, March

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

Berubahnya sikap dan pola perilaku masyarakat Kota Denpasar yang beralih kepada penggunaan produk kosmetik yang sehat dan ramah lingkungan dibdaningkan dengan produk yang berbahan kimiawi, menimbulkan perilaku niat beli yang berubah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sikap konsumen, dan norma subyektif, serta untuk melihat perbedaan gender terhadap niat dalam membeli kosmetik ramah lingkungan merek Oriflame di Kota Denpasar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dengan metode non-probability sampling yang berbentuk purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan model regresi yang digunakan telah memenuhi uji asumsi klasik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa masing-masing variabel sikap, dan norma subyektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, selain itu terdapat perbedaan positif tetapi tidak signifikan antara niat beli konsumen perempuan dengan lakilaki terhadap niat beli. Kata kunci : Sikap Konsumen, Norma Subyektif, Gender, Niat Beli