Journal article

PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

I Made Agastya Adiatmika Budhi Ni Wayan Ekawati

Volume : 11 Nomor : 5 Published : 2022, May

E-jurnal Manajemen Unud

Abstrak

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kualitas produk, brand image terhadap kepuasan pelanggan pada pelanggan Mix And Match di Kota Denpasar. Jumlah sampel sebanyak 130 responden, dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Brand image memediasi pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Mix And Match diharapkan untuk memperbaiki layout toko agar pelanggan dapat lebih mudah untuk menyaksikan proses pembuatan produknya dan melakukan quality check secara rutin agar bahan baku yang digunakan selalu konsisten dan disarankan untuk setiap pelanggan baru yang datang langsung ke gerai Mix And Match agar mengisi kotak kritik dan saran. Kata Kunci: kualitas produk, brand image, dan kepuasan pelanggan. ABSTRACT The purpose of this study is to explain effect of product quality, brand image, on customer satisfaction at Mix and Match customers in Denpasar. 130 people are used as respondents with purposive sampling method. Analytical technique used is path analysis and Sobel test. The results showed that Product quality had positive and significant effect on brand image, Product quality had positive and significant impact on customer satisfaction, Brand image had positive and significant impact on customer satisfaction, Brand Image mediate the effect of Product Quality on customer satisfaction. Mix And Match need to improve the layout of the store so that customers and carry out quality checks regularly so that the raw materials used are always consistent and it is recommended for every new customer who comes directly to the Mix And Match outlet to fill in the criticism and suggestion boxes. Keywords: product quality, brand image, and customer satisfaction.