Journal article

PENGARUH SERVICE RECOVERY TERHADAP KEPUASAN PASCA PENANGANAN KELUHAN

I Dewa Ayu Kalpika Dewi Utami Ni Wayan Ekawati

Volume : 2 Nomor : 12 Published : 2014, December

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

Tujuannpenelitian iniaadalah untuk mengetahuimpengaruh service recovery terhadap kepuasan pasca penanganan keluhan pada Bengkel Clink di Kota Denpasar. Jumlah sampel penelitian sebanyak 70rresponden,ddengan menggunakan metode accidental sampling dan purposiveesampling. Pengumpulanndata dilakukanimelalui penyebaranikuesioner. Teknikianalisis yangidigunakan adalahiregresi linieriberganda. Berdasarkanihasil analisismditemukan bahwa service recovery (procedural justice, interactional justice dan distributive justice) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasca penanganan keluhan pada Bengkel Clink di Kota Denpasar. Strategi service recovery yang efektif perlu direncanakan dengan baik oleh setiap perusahaan jasa karena dapat mengembalikan kepercayaan pelanggan. Kata kunci: Service recovery, Procedural Justice, Interactional Justice, Distributive Justice, Kepuasan Pasca Penanganan Keluhan