Journal article
Pengaruh selebriti endorser, Brand image, dan Persepsi Kualitas terhadap Niat Beli Sepeda Motor Honda Scoopy di Kota Denpasar
I Gede Handre Haryanta Ni Wayan Ekawati
Volume : 4 Nomor : 9 Published : 2015, September
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser berpengaruh terhadap niat beli sepeda motor Honda Scoopy di Kota Denpasar, (2) untuk mengetahui pengaruh brand image berpengaruh terhadap niat beli sepeda motor Honda Scoopy di Kota Denpasar dan (3) untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas berpengaruh terhadap niat beli sepeda motor Honda Scoopy di Kota Denpasar.Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan teknik analisis data regresi linier berganda. Jumlah sampel yang didapat dengan menggunakan metode Purposive Sampling adalah sebanyak 110 responden. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan Celebrity endorser, brand image dan persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap niat beli sepeda motor Honda Scoopy di Kota Denpasar. Hal ini menunjukkan bahwa Celebrity endorser, brand image dan persepsi kualitas dapat meningkatkan niat beli sepeda motor Honda Scoopy di Kota Denpasar Saran yang diberikan kepada produsen Honda Scoopy, sebaiknya produsen Honda Scoopy menjaga serta memperhatikan kualitas sepeda motor Honda Scoopy, agar persepsi konsumen terhadap kualitas sepeda motor Honda Scoopy menjadi lebih baik, dengan cara melakukan perbaikan agar meminimalisir terjadinya kerusakan pada mesin sehingga mampu memberikan gambaran pada konsumen sejauh mana kualitas yang dimiliki oleh sepeda motor Honda Scoopy. Kata kunci: celebrity endorser, brand image, persepsi kualitas dan niat beli ABSTRACT The purpose of this study were (1) to determine the influence celebrity endorser influence on purchase intentions Honda Scoopy motorcycle in Denpasar, (2) to determine the effect of brand image influence on purchase intentions Honda Scoopy motorcycle in the city of Denpasar and (3) to determine the effect perceived quality affect the purchase intention Honda Scoopy motorcycle Denpasar.Penelitian City was conducted in Denpasar with a data analysis technique multiple linear regression. The number of samples obtained by using purposive sampling method is a total of 110 respondents. Based on the results of the analysis can be concluded Celebrity endorser, brand image and quality perception positive and significant effect partially on purchase intention Honda Scoopy motorcycle in the city of Denpasar. This indicates that the Celebrity endorser, brand image and perception of quality can increase purchase intention Honda Scoopy motorcycle in Denpasar advice given to manufacturers Honda Scoopy, should the manufacturer Honda Scoopy maintain and pay attention to the quality of Honda Scoopy motorcycle, so that consumer perceptions of quality bicycles Honda Scoopy be better, by doing improvements to minimize the damage to the engine so that the consumer is able to provide an overview on the extent to which the quality of which is owned by Honda Scoopy motorcycle. Keywords: celebrity endorser, brand image, perceived quality and purchase intentions