Journal article

PENGARUH RETAIL MIX TERHADAP IMPULSE BUYING PADA HYPERMARKET DI KABUPATEN BADUNG

Kadek Kumala Dewi Ni Wayan Ekawati

Volume : 5 Nomor : 6 Published : 2016, May

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh retail mix yaitu lokasi, merchandise, pricing, promosi, atmosfer dalam gerai, dan retail service terhadap impulse buying pada hypermarket di Kabupaten Badung. Lokasi penelitian ini dilakukan pada hypermarket di Kabupaten Badung, yaitu Mal Bali Galeria dan Lippo Mal Kuta. Populasi dalam penelitian ini adalah setiap pengunjung yang melakukan impulse buying pada hypermarket di Kabupaten Badung yaitu pada hypermarket di Mal Bali Galeria dan hypermarket di Lippo Mal Kuta. Banyaknya responden yang diambil sebagai sampel adalah sebanyak 224 orang dan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan lokasi, merchandise, pricing, promosi, atmosfer dalam gerai, dan retail service berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying, hal ini berarti lokasi, merchandise, pricing, promosi, atmosfer dalam gerai, dan retail service mendorong perilaku impulse buying konsumen hypermarket di Kabupaten Badung. Kata Kunci: retail mix, impulse buying, dan hypermarket