Journal article
PENGARUH PROMOSI, ATMOSFER GERAI, DAN MERCHANDISE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA HARDY'S MALL GATSU DENPASAR
Tjokorda Istri Dwi Pradnyawati Pemayun Ni Wayan Ekawati
Volume : 5 Nomor : 7 Published : 2016, July
E-Journal Manajemen
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, atmosfer gerai, dan merchandise terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini dilakukan di Hardy’s Mall Gatsu Denpasar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden, dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan aplikasi Special Package For Statistis Science (SPSS). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa : 1) Promosi, atmosfer gerai, dan merchandise berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap pembelian impulsif terhadap keputusan pembelian impulsif. 2) Promosi, atmosfer gerai, dan merchandise berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian impulsif. Agar keputusan pembelian impulsif pada pelanggan dapat ditingkatkan, Manajemen Hardy’s Mall Gatsu Denpasar disarankan untuk meningkatkan jumlah nominal kupon belanja yang diberikan, menjaga temperatur dalam gerai agar terasa sejuk, menciptakan aroma wangi dalam gerai, dan meningkatkan kebersihan dan kerapian pada produk-produk yang ditawarkan sehingga dapat meningkatkan daya tarik pelanggan untuk melakukan pembelian impulsif. Kata kunci: Promosi, Atmosfer Gerai, Merchandise, Pembelian Impulsif ABSTRACT This study aims to determine the effect of the promotion, the atmosphere outlets and merchandise against impulsive buying. This research was conducted in Hardy's Mall Gatsu Denpasar. Samples are taken by 100 respondents, with purposive sampling method. Data collected through questionnaires. The analysis technique used is multiple linear regression statistical applications Special Package For Science (SPSS). Based on the analysis found that: 1) Promotion, atmospheric outlets and merchandise positive and significant effect simultaneously on impulse purchases against impulsive buying decisions. 2) Promotion, atmospheric outlets and merchandise positive and significant effect partially on impulsive buying decisions. In order decision impulsive purchases on customers can be improved, management Hardy's Mall Gatsu Denpasar advisable to increase the number of nominal coupons were given, keeping the temperature in the booth so that was cool, creating a scent in stores, and improving the cleanliness and tidiness of the products offered, so can increase the attractiveness of customers to make impulse purchases. Keywords: Promotion, Atmospheric outlets, Merchandise, Impulsive Purchases