Journal article

PENGARUH PROMOSI, ATMOSFER GERAI, DAN MERCHANDISE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA HARDY'S MALL GATSU DENPASAR

Tjokorda Istri Dwi Pradnyawati Pemayun Ni Wayan Ekawati

Volume : 5 Nomor : 7 Published : 2016, July

E-Jounal ManajemenUnud

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, atmosfer gerai, dan merchandise terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini dilakukan di Hardy’s Mall Gatsu Denpasar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden, dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan aplikasi Special Package For Statistis Science (SPSS). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa : 1) Promosi, atmosfer gerai, dan merchandise berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap pembelian impulsif terhadap keputusan pembelian impulsif. 2) Promosi, atmosfer gerai, dan merchandise berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian impulsif. Agar keputusan pembelian impulsif pada pelanggan dapat ditingkatkan, Manajemen Hardy’s Mall Gatsu Denpasar disarankan untuk meningkatkan jumlah nominal kupon belanja yang diberikan, menjaga temperatur dalam gerai agar terasa sejuk, menciptakan aroma wangi dalam gerai, dan meningkatkan kebersihan dan kerapian pada produk-produk yang ditawarkan sehingga dapat meningkatkan daya tarik pelanggan untuk melakukan pembelian impulsif. Kata kunci: Promosi, Atmosfer Gerai, Merchandise, Pembelian Impulsif