Journal article

PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP NIAT MEMBELI PRODUK HIJAU PADA MEREK ATTACK DENGAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Ria Karina Ginting Ni Wayan Ekawati

Volume : 5 Nomor : 4 Published : 2016, May

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepedulian lingkungan dalam memediasi pengaruh pengetahuan lingkungan terhadap niat membeli produk hijau pada merek “Attack” di Denpasar. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 100 orang, dengan metode non probability sampling khususnya purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner penelitian dimana data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli produk hijau dan kepedulian lingkungan, serta kepedulian lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli produk hijau. Kata kunci: pengetahuan lingkungan, kepedulian lingkungan, niat beli hijau.