Journal article
JEJARING SOSIAL ATAU FACEBOOK SEBAGAI MEDIA E-PENGECER ( Studi kasus mahasiswa di Kota Denpasar)
Ni Wayan Ekawati
Volume : 17 Nomor : 1 Published : 2012, February
Buletin studi Ekonomi, Vol 17, Nomor 1, Februari 2012.
Abstrak
Abstract: Social Network/Facebookas Media E-Retailer (Case Studies ofStudents in Denpasar City).Internet Indonesia is growing quite rapidly, of settingdevelopmentsabroad.According to theIpsossurveyduringFebruary2012,Indonesiawas placedasthe country withthe mostactiveinternetusersinsocialmedia.Datashows90%ofthedigitalconsumerinIndonesiahasanactiveprofileonfacebook,whichIndonesia'ssecond higest state and global level after theUnited State (MarketingNo.12/XI/Desember2011). The purpose of this study wastoinvestigatethe use ofexploratorysocial network/facebookas ane-retailerinthefulffillment of needs amongstudentsin the cityof Denpasar.Investigationindicated that about82percent areratedinternet/facebookmorethan3years agoanduse itas ane-retailerin the fulfillment ofneeds,such ascommunication needs,the needs ofcollege,fashion,stationery,food, mobilephonestocomputers.So thesocial network/facebookasan e-retailer has beenvery effective and efficient in meeting thevariousneeds.Abstrak: Jejaring Sosial/FacebookSebagai Media E-Pengecer (Studi KasusMahasiswa di Kota Denpasar).Internetdi Indonesiaberkembangcukup pesat,mengimbangi perkembangandiluar negeri.MenurutsurveiIpsosselamaFebruari2012,Indonesiaditempatkansebagainegaradenganpenggunainternetpalingaktifdimediasosial. Data menunjukkan 90% dari konsumen digital di Indonesiamemiliki profil aktif difacebook,dimana Indonesia menjadi negara tertinggi dankedua di tingkat global setelah Amerika Serikat (MarketingNo.12/XI/Desember2011).Adapun tujuan penelitian ini adalah untukmelakukan investigasi eksplorasipemanfaatan jejaring sosial/facebooksebagai e-pengecer dalam pemenuhankebutuhan dikalangan mahasiswa di Kota Denpasar. Investigasimenunjukkansekitar 82 persen sudah pengenal internet/facebooklebih dari 3 tahun yang lalu danmemanfaatkannya sebagai e-pengecerdalam pemenuhan kebutuhannya, sepertikebutuhan komunikasi, kebutuhan kuliah,fashion, alat-alat tulis, makanan,handphonehingga komputer.Sehingga jejaring sosial/facebooksebagaie-pengecerdirasakan sangat efektif dan efisien dalam pemenuhan berbagai kebutuhan.Kata kunci: jejaring sosial,facebook, e-pengecer, mahasiswa