Journal article

BRAND IMAGE MEMEDIASI KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE OPPO DI KOTA DENPASAR

I Gusti Ngurah Bagus Hagita Indra Mas Setiadi Ni Wayan Ekawati

Volume : 8 Nomor : 1 Published : 2019, January

E-jurnal Manajemen Unud

Abstrak

ABSTRAK Pengguna smartphone Indonesia bertumbuh dengan pesat. Oppo merupakan salah satu dari sekian banyak produsen smartphone yang memasuki pasar smartphone Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kualitas produk terhadap brand image, kualitas produk terhadap keputusan pembelian, brand image terhadap keputusan pembelian, serta peran brand image dalam memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas produk, brand image dan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen smartphone Oppo yang berdomisili di Kota Denpasar. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 120 orang dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis path serta uji sobel. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Penelitian ini juga menemukan bahwa masing-masing variabel kualitas produk dan brand image secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, selain itu brand image juga secara signifikan memediasi hubungan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: kualitas produk, brand image, keputusan pembelian