Journal article
Pengaruh Motivasi Pada Minat Mahasiswa Non Akuntansi Program Reguler Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi
Aven Maria Jeniari I Gusti Ayu Made Asri Dwija Putri
Volume : 28 Nomor : 3 Published : 2019, September
E- Jurnal Akuntansi
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi sosial, motivasi karir, motivasi kualitas, motivasi ekonomi dan motivasi gelar terhadap minat mahasiswa non akuntansi untuk mengikuti program pendidikan profesi akuntansi (PPAk). Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana pada mahasiswa non akuntansi S1 program reguler angkatan 2016, dengan menggunakan teknik kuesioner sebagai pengumpulan data.Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 169 orang. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis linear berganda. Berdasarkan hasil analisis penelitian diketahui bahwa motivasi sosial, motivasi karir, motivasi gelar, motivasi ekonomi, dan motivasi kualitas berpengaruh pada minat mahasiswa non akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi.Hal ini menujukkan bahwa mahasiswa non akuntansi beranggapan bahwa Pendidikan Profesi akuntansi merupakan pendidikan yang dapat meningkatkan pengetahuan. E-JA e-Jurnal Akuntansi e-ISSN 2302-8556 Denpasar, Vol. 28 No. 3 September 2019 Hal. 1732-1748 Artikel masuk: 12 April 2019 Tanggal diterima: 16 Mei 2019 Kata Kunci : Motivasi sosial, Motivasi karir, Motivasi gelar, Motivasi ekonomi, Motivasi kualitas, Minat mengikuti PPAk. The Effect of Motivation on Non-Accounting Students Interest Regular Program Following Accounting Professional Education ABSTRACT This study aims to determine the effect of social motivation, career motivation, quality motivation, economic motivation and degree motivation on the interest of non accounting students to take part in the accounting profession education program (PPAk). This research was conducted at the Faculty of Economics and Business, Udayana University, in the non-accounting S1 regular program students, using questionnaire techniques as data collection. The number of respondents in this study was 169 people. The analysis technique used is multiple linear analysis techniques. Based on the results of the research analysis, it is known that social motivation, career motivation, degree motivation, economic motivation, and quality motivation influence the interest of non accounting students to take part in Accounting Professional Education. Knowledge . Keywords : Social motivation, career motivation, degree motivation, economic motivation, quality motivation, interest in joining PPAk.