Journal article

Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran

Aditya Nanda Kusuma Ni Made Rastini

Volume : 6 Nomor : 8 Published : 2017, August

E jurnal Manajemen

Abstrak

PERAN KUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN Komang Aditya Nanda Kusuma1 Ni Made Rastini2 1,2Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia e-mail: adityanandakusuma@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing, dan kinerja pemasaran.Penelitian dilakukan pada industri genteng di Desa Pejaten dengan populasi yang digunakan yaitu seluruh manajer sekaligus pemilik usaha genteng di Desa Pejaten serta ukuran sampel sebesar 100 orang berdasarkan perhitungan jumlah indikator dikali 5 sampai 10. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan menggunakan skala likert untuk mengukur 13 indikator.Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah path analysis (analisis jalur).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keunggulan bersaing belum mampu memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Kata kunci: orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing,kinerja pemasaran ABSTRACT This study is aimed to determine the relationship of entreprenurial orientation, competitive advantage, and marketing performance. The study was conducted at tile industry in Pejaten Village with a population of all the manager in the tile company at Pejaten Village and the sample size of 100 people based on the calculation of the indicator number multiplied by 5 to 10. The data were collected by distributing questionnaires and using a Likert scale to measure 13 indicators. The analysis technique used in this research is path analysis. The result of this study indicates that entreprenurial orientation has a positive and significant effect towards marketing performance, entreprenurial orientation has a positive and significant effect on competitive advantage, competitive advantage has a positive and significant effect towardsmarketing performance. The results also showed that competitive advantage is not able to mediate the effect of entreprenurial orientation towards the marketing performance. Keywords: entreprenurial orientation, competitive advantage, marketing performance