Journal article
PERAN KEPEDULIAN PADA LINGKUNGAN MEMEDIASI PENGETAHUAN TENTANG LINGKUNGAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK HIJAU
Decky Tanaya Ni Made Rastini
Volume : 0 Nomor : 4 Published : 2016, June
E jurnal Manajemen
Abstrak
ABSTRAK Produk ramah lingkungan merupakan produk yang dibuat untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan yang berkelanjutansebagai bentuk inovasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepedulian pada lingkungan dalam memediasi pengetahuan tentang lingkungan terhadap niat pembelian produk hijau motor injeksi Yamaha Blue Core. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang di wilayah Kota Negara, metode yang digunakannon probability samplingdengan teknik analisis data yaitu analisis SEM berbasis PLS (Partial Least Square).Temuanhasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan tentang lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadapniat pembelian produk Motor Blue Core Merek Yamaha. Pengetahuan tentang lingkunganberpengaruh positif dan signifikan terhadapkepedulian pada lingkungan. Kepedulian pada lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian produk hijau, dan kepedulian pada lingkungan tidak memediasi pengaruh pengetahuan tentang lingkungan terhadap niat pembelian produk hijau. Kata kunci: green marketing, produk hijau, pengetahuan tentang lingkungan, kepedulian pada lingkungan, niat pembelian produk hijau. ABSTRACT Environmentally friendly product is a product made in anticipation of environmental damage sustained as a form of innovation. This study aims to determine the role of environmental care in mediating the knowledge of the environment against the intention of purchasing green products injection motor Yamaha Blue Core. The number of samples taken as many as 100 people in the city of Negara, the methods used non-probability sampling and analytical techniques that SEM analysis based PLS (Partial Least Square). Findings from this study indicate that knowledge of the environment has a positive and significant impact on purchase intentions motorcycle products Blue Core Brand Yamaha. Knowledge of the environment positive and significant impact on environmental care. Concern for the environment positive and significant impact on purchase intentions of green products, and concern for the environment does not mediate the effect of environmental knowledge of the intention of purchasing green products. Keywords: green marketing, green products, environmental knowledge, concern for the environment, the intention of purchasing green products.