Journal article

PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Gusti Nyoman Bagus Dananjaya Ni Made Rastini

Volume : 7 Nomor : 10 Published : 2018, October

E Jurnal Manajemen Unud

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas produk terhadap brand image, pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan, dan peran brand image memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan Kober Mie Setan di Kota Denpasar penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Denpasar dengan menggunakan 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Brand image sebagai variabel mediasi berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui variabel kualitas produk. Kober Mie Setan perlu memperhatikan porsi makanan agar sesuai dengan harapan konsumen. Selain itu, Kober Mie Setan perlu meningkatkan reputasi positif agar image Kober Mie Setan dinilai positif dan mampu menciptakan loyalitas pelanggan. Kata kunci: kualitas produk, brand image, loyalitas pelanggan