Journal article

PENGARUH VARIABEL DEMOGRAFI DAN TECHNOLOGY READINESS TERHADAP PERILAKU BELANJA ONLINE DI KOTA DENPASAR

Volume : 2 Nomor : 9 Published : 2013, September

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

ABSTRAK Manusia memiliki berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Beberapa cara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut salah satunya dengan cara berbelanja. Kemajuan teknologi dan internet mempengaruhi perkembangan jenis bisnis ritel, yaitu toko online. Untuk melakukan penjualan online, pelaku bisnis harus memperhatikan target pasar yang akan dituju, salah satunya adalah variabel demografi dan technology readiness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel demografi dan technology readiness seseorang terhadap perilaku belanja online. Penelitian ini berlokasi di Kota Denpasar, dengan menggunakan responden sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil ini membuktikan bahwa variabel demografi dan technology readiness berpengaruh signifikan secara simultan terhadap perilaku belanja online di Kota Denpasar. Pada uji parsial hasil ini menunjukan variabel demografi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belanja online. Technology readiness secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belanja online. Kata kunci : variabel demografi, technology readiness, perilaku belanja online. ABSTRACT Humans have a variety of needs that must be met. Several methods are used to meet the needs of one way to shop. Advances in technology and the Internet affect the development of the type of retail business, the online store. To conduct online sales, businesses have to pay attention to the target market to be addressed, one of which is the demographic variables and technology readiness. This study aimed to determine the effect of demographic variables and the technology readiness of a person to the online shopping behavior. This study is located in the city of Denpasar, using as many as 100 respondents. Data collection methods used in this research is using questionnaires. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. This result proves that the technology readiness demographic variables and simultaneous significant effect on the behavior of online shopping in the city of Denpasar. In the partial test results shows demographic variables and a significant positive effect on online shopping behavior. Technology readiness partially positive and significant impact on online shopping behavior. Keywords: Demographic variables, technology readiness, online shopping behavior.