Journal article
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS PELANGGAN KAMERA CANON DIGITAL SINGLE LENS REFLEX (DSLR) DI KOTA DENPASAR
Volume : 3 Nomor : 5 Published : 2014, May
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
ABSTRAK Penelitian dilakukan mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan kamera DSLR Canon. Responden dalam penelitian ini adalah 80 orang pengguna kamera DSLR Canon yang ada dikota Denpasar. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas produk dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa kualitas produk dan brand image berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen, serta kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa loyalitas pelanggan kamera Canon DSLR sangat dipengaruhi oleh kepuasan konsumen, dimana kepuasan konsumen tercipta dari produk yang berkualitas yang diberikan oleh perusahaan Canon kepada pelanggannya serta brand image yang sudah melekat pada konsumen kamera Canon DSLR. Kata kunci: kualitas produk,brand image, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan ABSTRACT This study aimed to examine the effect of product quality and brand image on customer satisfaction and loyalty Canon DSLR cameras. Respondents in this study were 80 Canon DSLR camera user that is in the city of Denpasar. Based on the results of the analysis indicated that the product quality and brand image positive and significant impact on customer satisfaction and loyalty. In this study also found that the quality of the products and brand image indirectly impact on customer loyalty through customer satisfaction, and customer satisfaction and a significant positive effect on customer loyalty. This shows that the Canon DSLR cameras customer loyalty is strongly influenced by customer satisfaction, customer satisfaction is created where the quality of the products supplied by Canon to its customers and the company's brand image which is inherent in Canon's consumer DSLR cameras. Keywords: product quality, brand image, customer satisfaction, customer loyalty