Journal article

PENGARUH ATMOSFER TOKO, PROMOSI PENJUALAN, DAN INTERAKSI ANTARA KARYAWAN TOKO DENGAN PEMBELI TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING DI CARREFOUR HYPERMARKET

Volume : 3 Nomor : 8 Published : 2014, August

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atmosfer toko, promosi penjualan, dan interaksi antara karyawan toko dengan pembeli terhadap keputusan impulse buying di Carrefour Hypermarket di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, sampel yang diambil sebanyak 105 orang dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 15 indikator. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masing-masing variabel atmosfer toko, promosi penjualan, dan interaksi antara karyawan dengan pembeli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan impulse buying. Hal ini menunjukkan bahwa atmosfer toko, promosi penjualan, dan interaksi antara karyawan dengan pembeli dapat meningkatkan keputusan impulse buying. Kata kunci : Atmosfer Toko, Promosi Penjualan, Interaksi Antara Karyawan Toko Dengan Pembeli, Impulse Buying ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of atmospheric stores, sales promotion, and the interaction between the employees of the store with the buyer against impulse buying decisions in Carrefour Hypermarket in Denpasar. This research was conducted in the city of Denpasar, the samples taken were 105 people with purposive sampling method. Data was collected through questionnaires using a 5-point Likert scale to measure 15 indicators. The analysis technique used is multiple linear regression. These results indicate that each variable atmospheric stores, sales promotion, and the interaction between employees and shoppers positive and significant effect on impulse buying decisions. This suggests that the atmosphere stores, sales promotion, and the interaction between employees and shoppers can increase impulse buying decisions. Keywords : Atmospheric Stores, Sales Promotion, Interaction Between Employee Store With Buyers, Impulse Buying