Journal article

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Koneksi Politik dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Tax Avoidance

Pande Putu Biantari Darmayanti1 Ni Ketut Lely Aryani Merkusiwati

Volume : 26 Nomor : 3 Published : 2019, March

E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

ABSTRAK Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitablitas, koneksi politik dan pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, profitablitas, koneksi politik dan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada tax avoidance. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jumlah sampel yang diambil sebanyak 38 perusahaan manufaktur dengan metode nonprobability sampling khususnya purposive sampling. Periode penelitian adalah tahun 2014-2017. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi non-participant. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, koneksi politik dan pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh pada tax avoidance sedangkan profitabilitas berpengaruh negatif pada tax avoidance. Besarnya laba yang diperoleh perusahaan sangat berpengaruh pada tindakan perusahaan untuk melakukan praktik tax avoidance. Kata kunci: Tax avoidance, ukuran perusahaan, profitabilitas, koneksi politik, pengungkapan corporate social responsibility ABSTRACT The variables examined in this study are company size, profitability, political connections and disclosure of corporate social responsibility (CSR). The purpose of this study is to obtain empirical results regarding the effect of company size, profitability, political connections and disclosure of corporate social responsibility (CSR) on tax avoidance. This research was conducted on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The number of samples taken as many as 38 manufacturing companies with nonprobability sampling method, especially purposive sampling. The research period is 2014-2017. Data collection is done by non-participant observation techniques. The data analysis technique used is multiple linear regression. The results of this study indicate that company size, political connections and disclosure of corporate social responsibility have no effect on tax avoidance while profitability has a negative effect on tax avoidance. The amount of profit obtained by the company is very influential on the company's actions to practice tax avoidance. Keywords: Tax avoidance, company size, profitability, political connections, disclosure of corporate social responsibility