Journal article

Kualitas dan Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Web

I Gusti Ngurah Agung Suaryana I GST AYU EKA DAMAYANTHI Ni Ketut Lely Aryani Merkusiwati

Volume : 11 Nomor : 2 Published : 2016, July

Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis

Abstrak

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas informasi akademik berbasis web di FEB Unud dan pengaruhnya terhadap kepuasan penggguna. Pengguna adalah mahasiswa, dosen, dan staf akademik FEB Unud. Survei dilakukan terhadap persepsi mahasiswa, dosen, dan staf atas kualitas dan kepuasan mereka mengenai system informasi akademik. Kualitas sistem terdiri dari tiga elemen, yakni kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas pelayanan. Kualitas atas sistem akademik berbasis web diharapkan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sistem. Bagi FEB Unud, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi umpan balik untuk pemimpin fakultas, guna mengambil langkah korektif. Bagi institusi pendidikan yang lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi model pengembangan sistem informasi akademik. Kata Kunci: Kualitas sistem informasi, kepuasan pengguna, sistem informasi akademik, kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan ABSTRACT The purpose of this study is to evaluate the quality of web-based academic information system in FEB Unud and its impact to user satisfaction. The users of this system are students, lectures, and academic staff of FEB Unud. This study will survey the perception of students, lectures, and staff on the quality and their satisfaction of the Academic Information System. The quality system includes three elements, namely the information quality, system quality, and the service quality. The quality of this web-based academic information system is expected to affect the satisfaction of the system users. For FEB Unud, the result of this study is expected to provide feedback for the faculty leaders in order to take corrective measures. For other educational institutions, the study is expected to be a model of academic information system development. Keywords: system information quality, user satisfaction, academic information system, information quality, system quality, service quality