Journal article

REPUTASI PERUSAHAAN, REPUTASI MANAJEMEN PUNCAK, DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Anak Agung Gde Putu Widanaputra Gede Dirga Surya Arya Widhyadanta Ni Made Dwi Ratnadi

Volume : 13 Nomor : 2 Published : 2018, July

Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendapatkan bukti empiris pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dan reputasi manajemen puncak pada reputasi perusahaan. Populasi penelitian adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2016. Sampel ditentukan dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 116 amatan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap reputasi perusahaan dan reputasi manajemen puncak berpengaruh positif pada reputasi perusahaan. Semakin luas pengungkapan CSR serta semakin baik reputasi manajemen puncak menyebabkan reputasi perusahaan semakin baik. Kata Kunci: Pengungkapan corporate social responsibility, reputasi manajemen puncak, reputasi perusahaan