Journal article

Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial Dan Kinestetik Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi

Ni Made Inten Pramesti Ni Made Dwi Ratnadi

Volume : 30 Nomor : 1 Published : 2020, January

e-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

Tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh kecerdasan emosional, gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik yang ada dalam diri mahasiswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik pada tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Responden adalah 171 mahasiswa jurusan program S1 akuntansi angkatan 2015. Berdasarkan hasil analisis, kecerdasan emosional berpengaruh positif pada tingkat pemahaman akuntansi hal ini menunjukkan semakin baik kecerdasan emosional yang dimiliki mahasiswa menyebabkan tingkat pemahaman akuntansi meningkat. Gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik berpengaruh positif pada tingkat pemahaman akuntansi hal ini menunjukkan semakin baik gaya belajar maka semakin tinggi tingkat pemahaman akuntansi. Implikasi hasil penelitian ini mendukung teori kognitif yang menyatakan tingkat pemahaman akuntansi di pengaruhi oleh faktor internal.