Journal article
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL KECERDASAN INTELEKTUAL DAN PERILAKU BELAJAR PADA TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
Ni Kadek Ayu Rusmiani Anak Agung Gde Putu Widanaputra
Volume : 20 Nomor : 2 Published : 2017, August
e-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana
Abstrak
Dunia pendidikan saat ini banyak hal yang harus diperhatikan untuk menciptakan mahasiswa yang berkualitas yang dapat memahami pelajaran yang diberikan oleh dosen, terutama dalam hal sistem pengajaran yang telah disampaikan oleh pengajar diruangan kelas dalam bobot pelajaran yang disampaikan oleh dosen. Masih kurangnya konsentrasi belajar mahasiswa khususnya di kelas padahal konsentrasi belajar sangat diperlukan dan akan mempengaruhi hasil belajar yang dicapai. Konsentrasi belajar merupakan suatu kefokusan diri pribadi mahasiswa terhadap mata kuliah ataupun aktivitas belajar serta aktivitas perkuliahan. Menjalani aktivitas perkuliahan sangat dibutuhkan konsentrasi yang penuh untuk mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan perilaku belajar pada tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa non reguler jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data yang disebarkan kepada responden. Responden penelitian ini adalah mahasiswa non reguler jurusan akuntansi angkatan 2013 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 170 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif, kecerdasan intelektual berpengaruh positif, dan perilaku belajar berpengaruh positif pada tingkat pemahaman akuntansi. Kata kunci: tingkat pemahaman akuntansi, kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, perilaku belajar. ABSTRACT The world of education today many things that must be considered to create qualified students who can understand the lessons given by lecturers, especially in terms of teaching systems that have been delivered by lecturers in class and quality of the lessons given by lecturers. The lack of concentration of student learning especially in the class whereas the concentration of learning is very necessary and will affect the learning outcomes achieved. Concentration of learning is a personal self-focus of students on the course or learning activities and lectures activities. Undergoing lecture activity is needed full concentration to get a very satisfactory results. The purpose of this study is to obtain empirical evidence of the influence emotional intelligence, intellectual intelligence, and learning behavior at the level of accounting understanding in non-regular students majoring in accounting class Faculty of Economics and Business Udayana University. This study uses primary data collected by using questionnaires as an instrument of data collection distributed to respondents. Respondents of this study are non-regular students majoring in accounting class of 2013 Faculty of Economics and Business Udayana University. The number of samples obtained is 170 samples. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results showed that emotional intelligence has positive effect, ISSN: 2302-8556 E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.20.2. Agustus (2017): 959-985 965 intellectual intelligence has positive effect, and learning behavior has positive effect on the level of accounting understanding. Keywords: level of accounting understanding, emotional intelligence, intellectual intelligence, learning behavior.