Journal article

Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening

Pria Juni Prasetya Gayatri

Volume : 14 Nomor : 1 Published : 2016, January

E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh ukuran perusahaan pada manajemen laba melalui pengungkapan corporate social responsibility. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Jumlah sampel 42 perusahaan diperoleh dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang dipakai untuk penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Penelitian ini menemukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif pada pengungkapan corporate social responsibility. Ukuran perusahaan dan pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh negatif pada manajemen laba. Ukuran perusahaan secara signifikan berpengaruh negatif pada manajemen laba melalui pengungkapan corporate social responsibility. Hal ini menunjukkan pengungkapan corporate social responsibility mampu memediasi hubungan antara ukuran perusahaan dengan manajemen laba.