Journal article

Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Keterampilan Pembuatan Proporsal Penelitian Mahasiswa

Gayatri Made Gede Wirakusuma

Volume : 14 Nomor : 2 Published : 2016, February

E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam membuat proporsal penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Model Kemmis dan Taggart dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menemukan telah terjadi peningkatan keterampilan mahasiswa dalam membuat proporsal penelitian. Dibuktikan dengan adanya kesadaran mahasiswa untuk memperbaiki proporsal penelitian sebelum presentasi. Penggunaan waktu dan materi presentasi mahasiswa menjadi lebih baik dibadingkan sebelumnya. Persaingan yang sehat terjadi antar kelompok pada saat presentasi.