Journal article

Pengaruh Kecerdasan Emosional, Fasilitas Belajar dan Kompetensi Dosen Terhadap Persepsi Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi

Putu Hendra Putra Wahyudi Maria Mediatrix Ratna Sari

Volume : 29 Nomor : 3 Published : 2019, December

EJurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

Prestasi akademik mahasiswa merupakan sebuah cerminan kuantitas dan kualitas pengetahuan yang telah dikuasai oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui pengaruh, kecerdasan emosional, fasilitas belajar dan kompetensi dosen terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi. Tempat dilakukannya penelitian ini adalah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Analisis regresi linear berganda merupakan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 akuntansi angkatan 2016 dengan metode penentuan sampel menggunakan rumus Slovin. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kecerdasan emosional, fasilitas belajar dan kompetensi dosen berpengaruh positif terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi.