Journal article
Pengaruh Komponen Kecerdasan Emosional pada Pemahaman Akuntansi
Made Sukma Mutiara Pramita Sari Dewa Gede Wirama
Volume : 28 Nomor : 1 Published : 2019, July
E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana
Abstrak
ABSTRAK Pendidikan akuntansi di perguruan tinggi bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar menjadi seorang akuntan profesional yang memiliki pengetahuan yang luas di bidang akuntansi. Pemahaman akuntansi merupakan kemampuan untuk memahami akuntansi baik sebagai pengetahuan maupun sebagai proses atau praktik. Pemahaman akuntansi seseorang dapat dipengaruhi oleh kecerdasan emosional yang terdapat pada diri masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komponen kecerdasan emosional pada pemahaman akuntansi. Penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 111 mahasiswa. Metode penentuan sampel yang digunakan yaitu metode non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa komponen kecerdasan emosional berpengaruh positif pada pemahaman akuntansi. Hal ini menunjukkan semakin tinggi pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial seseorang maka semakin tinggi pemahaman akuntansinya. Kata kunci: Akuntansi, kecerdasan emosional, mahasiswa akuntansi. ABSTRACT Accounting education in college is intended to educate students to work as professional accountants with knowledge in accounting. Understanding of accounting is the process to understand accounting both as knowledge and as a process or practice. Understanding of accounting can be influenced by emotional intelligence of each individual. The purpose of this study is to determine the effect of the components of emotional intelligence on accounting understanding. This research was conducted at the Faculty of Economics and Business, Udayana University. The number of samples was 111 students, using non probability sampling methods. Data collection is conducted through a questionnaire. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. Based on the results of the analysis it was found that the components of emotional intelligence had positive effects on accounting understanding. The higher self-recognition, self-control, motivation, empathy and social skills, the higher the understanding of accounting. Keywords: Accounting, emotional intelligence, accounting students.