Journal article

Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajemen dan Media Exposure Pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Ketut Yoga Permadiswara I Ketut Sujana

Volume : 25 Nomor : 1 Published : 2018, October

e-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

Munculnya kesadaran bahwa kegiatan produksi secara tidak langsung akan berdampak pada lingkungan misalkan penggundulan hutan, pembuangan limbah, pencemaran udara dan sebagainya. Hal itu membuat perusahaan wajib untuk bertanggung jawab atas aktivitasnya tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh tingkat profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan manajemen dan media exposure pada pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dalam laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Jumlah perusahaan yang memenuhi kriteria adalah 22 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014- 2016 dengan jumlah 66 amatan.Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan dan media exposure berpengaruh positif pada pengungkapan corporate social responsibility.Hasil penelitian ini juga menunjukan kepemilikan manajemen tidak berpengaruh pada pengungkapan corporate social responsibility. Kata Kunci: profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan manajemen, media exposure,corporatesocial responsibility