Journal article

Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi

Ida Ayu Clara Agustin I Ketut Sujana

Volume : 25 Nomor : 2 Published : 2018, November

e-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

Pemahaman akuntansi merupakan suatu proses seorang mahasiswa akuntansi dalam memahami hal-hal yang terkait dengan akuntansi. Pemahaman akuntansi mahasiswa tidak hanya ditunjukkan dari nilai-nilai yang didapatkannya dalam mata kuliah tetapi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar pada tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa non reguler jurusan akuntansi angkatan 2014 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Metode penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung kepada mahasiswa sebanyak 126 kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar berpengaruh positif pada tingkat pemahaman akuntansi. Kata kunci: pemahaman, emosional, spiritual, perilaku belajar