Journal article

Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi

Luh Nila I Ketut Suryanawa

Volume : 23 Nomor : 3 Published : 2018, June

E-Journal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

Fenomena yang terjadi pada perusahaan pertambangan adalah pada setiap kegiatan penambangan berpotensi memberi dampak negatif secara langsung pada lingkungan sekitar lokasi kegiatan penambangan, dimana hal tersebut sangat mempengaruhi pandangan stakeholder terhadap perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh bukti empiris mengenai pengaruh variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016 dengan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi.Sampel ditentukan melalui metode nonprobability dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 85 sampel amatan. Penelitian ini menggunakan uji regresi berganda dan uji Moderate Regression Analysis (MRA).Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh pada nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif pada nilai perusahaan, pengungkapan CSR tidak memoderasi pengaruh profitabilitas pada nilai perusahaan, dan pengungkapan CSR tidak memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan, pengungkapan corporate social responsibility