Journal article

Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi

Anak Agung Ayu Mutya Armika I Ketut Suryanawa

Volume : 22 Nomor : 1 Published : 2018, January

E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

Nilai perusahaan merupakan faktor yang sangat fundamental dan perlu diketahui oleh para investor sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada perusahaan. Informasi yang diungkapkan oleh perusahaan merupakan sinyal bagi investor dalam rangka menanamkan saham pada perusahaannya. Informasi yang diberikan oleh perusahaan berupa nilai perusahaan, pengungkapan tanggung jawab sosial dan profitabilitas. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh bukti empiris peranan profitabilitas dalam memoderasi pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada nilai perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI selama tahun 2013-2015. Populasi penelitian ini berjumlah 60 perusahaan, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 57 perusahaan menggunakan metode nonprobability sampling, khususnya teknik purposive sampling. Variabel terikat penelitian ini ialah nilai perusahaan yang diukur dengan Price Book Value (PBV). Variabel bebas dalam penelitian ini ialah pengungkapan tanggung jawab sosial yang diukur dengan indeks pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (indeks CSRD). Variabel moderasi dalam penelitian ini ialah profitabilitas yang diukur dengan Return on Equity (ROE). Nilai perusahaan diukur dengan Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi non partisipan. Teknik analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menemukan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif pada nilai perusahaan. Profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada nilai perusahaan. Kata Kunci: pengungkapan tanggung jawab sosial, nilai perusahaan, profitabilitas