Journal article

PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA NILAI PERUSAHAAN

Volume : 9 Nomor : 2 Published : 2014, November

E-Journal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan CSR pada nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia, dengan jumlah populasi 407 perusahaan, serta menggunakan metode non probability sampling, khususnya purposive sampling diperoleh 177 perusahaan sebagai sampel. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan pendekatan content analysis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi. Rasio Tobin’s Q digunakan untuk mengukur nilai perusahaan, sedangkan indikator GRI (Global Reporting Initiatives) digunakan untuk mengukur CSR. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa (1) pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) berpengaruh positif (nilai ? sebesar +0,019) pada nilai perusahaan; (2) pengungkapan CSR berpengaruh positif (nilai ? sebesar +0,017) pada nilai perusahaan yang terkategori sebagai perusahaan high profile; (3) pengungkapan CSR berpengaruh positif (nilai ? sebesar +0,021) pada nilai perusahaan yang terkategori sebagai perusahaan low profile. Kata kunci: NP, CSR, profile