Journal article

Pengaruh Opini Auditor dan Pertumbuhan Penjualan Perusahaan pada Nilai Perusahaan

Ketut Ita Diantari I Ketut Suryanawa

Volume : 26 Nomor : 2 Published : 2019, February

E-Journal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi dan menguji secara empiris pengaruh opini auditor yang merupakan faktor eksternal, dan pertumbuhan penjualan yang merupakan faktor internal perusahaan pada nilai perusahaan. Penelitian dilakukan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi periode 2013-2017. Sampel berjumlah 17 perusahaan dipilih secara purposive, sehingga diperoleh 85 pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) opini auditor tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. 2) Pertumbuhan penjualan perusahaan berpengaruh positif pada nilai perusahaan. Berdasarkan hasil yang diperoleh, penelitian memiliki implikasi teoritis yaitu dapat mendukung teori sinyal serta menjadi sumber referensi penelitian lain yang berkaitan dengan nilai perusahaan. Implikasi praktisnya yaitu menjadi bahan pertimbangan bagi investor, kreditur, dan pihak berkepentingan lainnya dalam pengambilan keputusan bisnis. Kata kunci: Opini auditor, pertumbuhan penjualan perusahaan, nilai perusahaan