Journal article
Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusaaan Pada Nilai Perusahaan
Kevin Hestia Gigih Anugerah I Ketut Suryanawa
Volume : 26 Nomor : 3 Published : 2019, March
E-Journal Akuntansi Universitas Udayana
Abstrak
Tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran stakeholder, hal ini dapat dicapai dengan memaksimalkan nilai perusahaan. Tetapi terkadang perusahaan gagal untuk meningkatkan nilai perusahaan, yang salah satu penyebabnya adalah kurang cermatnya perusahaan dalam mengaplikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage dan ukuran perusahaan pada nilai perusahaan sektor farmasi di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor farmasi yang terdaftar di BEI pada periode 2013-2016 yaitu berjumlah 10 perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, maka sampel yang didapatkan adalah 8 perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah obsevasi non partisipan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan leverage berpengaruh negatif dan signifikan pada nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan pada nilai perusahaan. Kata kunci: Nilai perusahaan, leverage, ukuran perusahaan