Journal article

PENGARUH FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN FASHION YANG DIMEDIASI POSITIVE EMOTION DI (1)(2) KOTA DENPASAR

Volume : 4 Nomor : 6 Published : 2015, June

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

Perkembangan dunia fashion dan gaya hidup yang semakin meningkat diiringi dengan semakin banyaknya pusat-pusat perbelanjaan seperti department store, factory outlet, butik hingga distro menjadikan fashion sebagai salah satu kebutuhan hidup yang sangat penting. Keterlibatan fashion pada konsumen dapat meningkatkan perilaku pembelian impulsif yang berorientasi fashion di antara mereka yang terbiasa mengenakan produk fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh fashion involvement yang di mediasi positive emotion terhadap impulse buying konsumen fashion di Kota Denpasar. Sampel berjumlah 119 responden dari seluruh wilayah Kota Denpasar dengan metode purposive sampling menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian menunjukan bahwa fashion involvement berpengaruh terhadap impulse buying. Selain itu, terdapat pengaruh tidak langsung dari fashion involvement terhadap impulse buying melalui positive emotion atau dengan kata lain positive emotion merupakan variabel mediasi. Kata kunci: fashion involvement, positive emotion, impulse buying.