Journal article

PENGARUH FAKTOR KONTEKSTUAL TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM S1 DI FEB UNIVERSITAS UDAYANA

Rafirsta Sena Rimbawa Meidora I Gde Ketut Warmika

Volume : 5 Nomor : 2 Published : 2016, February

E- Journal Manajemen Unud

Abstrak

Pengangguran merupakan masalah utama dunia kerja bagi lulusan universitas saat ini. Tidak sedikit dari mereka yang pada akhirnya menganggur karena terlalu terpaku pada pencarian pekerjaan yang mereka anggap sesuai. Solusi yang ada dan terbilang efektif adalah menciptakan lapangan pekerjaan itu sendiri atau disebut wirausahaTujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Academic support, Structural support dan Relational support dalam memengaruhi niat berwirausaha pada mahasiswa program S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Udayana. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 108 responden, dengan menggunakan teknik nonprobability sampling, atau lebih lanjut dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria sudah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa academic support berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha. Lalu structural support juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha. Hasil yang sama yaitu positif dan signifikan juga ditunjukkan pada pengaruh relational support terhadap niat berwirausaha. Kata Kunci: academic support, structural support, relational support, niat berwirausaha ABSTRACT Unemployment is the main issue of the university’s fresh graduate today. The amount is surprisingly many, the fresh graduate who eventually had no job because going too concern on job searching which they consider it as “suitable”. The solution which is effective is creating the job itself, or, we call it entrepreneurship. The goal of this study was to examine the influence of academic support, structural support and relational support on entrepreneurial intention at bachelor student of Faculty of Economics on Udayana University. 108 sample of student were taken using nonprobability sampling technique, furthermore, purposive sampling which use requirement of passing the entrepreneurship subject. The study resulted academic support positive and significantly affects entrepreneurial intention. Both structural support and relational support also positive and significantly affects entrepreneurial intention. These mean the higher the academic, structural or relational supports, the higher the student’s entrepreneurial intention. Keyword: academic support, structural support, relational support, entrepreneurial