Journal article

APLIKASI TAM, PERSEPSI RISIKO, DAN KEPERCAYAAN DALAM MENJELASKAN NIAT MENGGUNAKAN INTERNET BANKING

Volume : 3 Nomor : 4 Published : 2014, April

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

nternet banking merupakan fasilitas yang diberikan bank kepada nasabahnya untuk memudahkan nasabah melakukan berbagai kegiatan perbankan dimana dan kapan saja dengan terhubung koneksi internet. Niat masyarakat di Indonesia menggunakan internet banking masih rendah bila dibandingkan dengan pesatnya penggunaan internet. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) yang terdiri dari persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat, serta tambahan variabel persepsi risiko dan kepercayaan terhadap niat masyarakat menggunakan internet banking. Penelitian dilakukan di Kota Denpasar. Ukuran sampel yang digunakan sebanyak 190 responden dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis penelitian ini menemukan bahwa masing-masing variabel pada Technology Acceptance Model dan kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap niat menggunakan internet banking, sedangkan untuk variabel persepsi risiko berpengaruh negatif signifikan terhadap niat menggunakan internet banking. Kata Kunci : technology acceptance model, persepsi risiko, kepercayaan, niat menggunakan