Journal article
Peran motivasi hedonis memediasi pengaruh sifat materialisme terhadap perilaku pembelian impulsif secara online
KADEK ANDIKA PRAWIRA LAKSANA Gede Suparna
Volume : 4 Nomor : 6 Published : 2015, June
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh sifat materialisme terhadap perilaku pembelian impulsif secara online dengan motivasi hedonis sebagai variable pemediasi. Teknik analisis dalam penelitian ini, menggunakan analisis path untuk membahas bagaimana pengaruh langsung sifat materialisme terhadap motivasi hedonis serta sifat materialisme dan motivasi hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif secara online, pada penelitian ini juga disertai uji sobel untuk mengetahui pengaruh tidak langsung untuk mengetahui bagaimana peran motivasi hedonis dalam memediasi. Ukuran sampel yang digunakan adalah 120 orang dengan metode survey menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Bardasarkan hasil analisis path diketahui bahwa variabel sifat materialisme berpengaruh signifikan terhadap motivasi hedonis, serta variabel sifat materialisme dan motivasi hedonis berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif secara online. Hasil uji sobel menunjukkan bahwa variabel motivasi hedonis mampu memediasi pengaruh sifat materialism terhadap perilaku pembelian impulsif secara online. Studi ini menunjukkan adanya perilaku pembelian impulsif pada aktivitas belanja secara online di Indonesia yang dipengaruhi sifat emosional yang dimiliki konsumen.