Journal article

PERAN GREEN PERCEIVED QUALITY MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA ENVIRONMENTAL FRIENDLINESS DENGAN GREEN TRUST

Ni Putu Eka Dewi Kartika Gede Suparna

Volume : 6 Nomor : 5 Published : 2017, May

E- Journal Manajemen Unud

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran green perceived quality dalam memediasi hubungan antara environmental friendliness dengan green trust pada produk kosmetik hijau merek The Face Shop. Penelitian dilakukan di Kota Denpasar dengan sampel sebanyak 120 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang disebarkan secara langsung dan menggunakan skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan analisis faktor komfirmatori, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel environmental friendliness berpengaruh signifikan dan positif terhadap green perceived quality dan green trust. Green perceived quality secara signifikan memediasi hubungan antara environmental friendliness dengan green trust. Hal ini berarti bahwa peluang bagi perusahaan untuk mengemas produk atau strategi bisnis berbasis keramahan lingkungan sehingga akan berdampak pada kepercayaan konsumen terhadap produk ramah lingkungan. Kata Kunci: green marketing, environmental friendliness, green perceived quality, green