Journal article
PENGARUH MOTIVASI RASIONAL, MOTIVASI EMOSIONAL DAN HARGA DIRI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS UDAYANA DIMODERASI OLEH GENDER
I GUSTI AYU AUDY CALISTA Gede Suparna
Volume : 4 Nomor : 5 Published : 2015, May
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana pengaruh motivasi rasional, motivasi emosional dan harga diri terhadap keputusan pembelian smartphone pada mahasiswa universitas udayana dan bagaimana peran gender dalam memoderasi. Teknik analisis dalam penelitian ini, menggunakan analisis jalur untuk membahas pengaruh langsung motivasi rasional, motivasi emosional terhadap harga diri dan juga pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian, penelitian ini disertai uji Sobel untuk mengetahui pengaruh tidak langsung dan uji interaksi (MRA) untuk mengetahui bagaimana peran gender dalam memoderasi. Hasil menunjukan bahwa motivasi rasional dan motivasi emosional berpengaruh positif signifikan terhadap harga diri dan juga motivasi rasional, motivasi emosional dan harga diri berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone. Hasil analisis moderasi menunjukan bahwa gender tidak mampu memoderasi dengan kata lain tidak terdapat perbedaan antara laki-laki maupun perempuan dalam keputusan pembelian smartphone. Penelitian ini memberikan wawasan pengaruh motivasi rasional, motivasi emosional dan harga diri terhadap keputusan pembelian smartphone di moderasi oleh gender melalui metode penelitian analisi jalur, analisis Sobel dan uji interaksi (MRA)