Journal article

GREENWASHINGKONSEKUENSINYA PADA KONSUMEN (STUDI KASUS PADA COCA-COLA DENGAN KEMASANPLANTBOTTLE)

Ni Putu Susiari Gede Suparna

Volume : 5 Nomor : 8 Published : 2016, August

E- Journal Manajemen Unud

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh greenwashing terhadap green consumer confusion, green perceived risk dan green trustCoca-Cola dengan kemasanPlantBottle.Penelitian ini dilakukan di FEB UNUD pada mahasiswa yang mengetahui informasi tentang Coca-Cola dengan kemasanPlantBottle,sampel yang diambil sebanyak 105 orang menggunakan metode non-probability sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 21 indikator. Teknik analisis yang digunakan adalahStructural Equation Modeling (SEM). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa greenwashing berpengaruh signifikan dan positif terhadap green consumer confusion dan green perceived risk. Sementara greenwashing, green consumer confusion dan green perceived risk berpengaruh signifikan dan negatif terhadap green trust.Ruang lingkup penelitian terbatas pada FEB UNUD saja, serta jumlah populasi dan sampel masih tergolong kecil, sehingga penelitian selanjutnya sebaiknya menambah jumlah sampel serta memperluas ruang lingkup penelitian. Kata kunci: greenwashing, green consumer confusion, green perceived risk, green trust