Journal article
Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Asing, Kepemilikan Manajemen, dan Leverage pada Intensitas Pengungkapan Corporate Social Responsibility
Anak Agung Ayu Intan Wulandari I Putu Sudana
Volume : 22 Nomor : 2 Published : 2018, February
E-Journal Akuntansi Universitas Udayana
Abstrak
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen dunia usaha untuk bertindak etis dan memberikan kontribusi kepada pengembangan ekonomi komunitas setempat maupun masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan memeroleh bukti empiris pengaruh profitabilitas, kepemilikan asing, kepemilikan manajemen, dan leverage pada intensitas pengungkapan Corporate Social Responsibility. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. Jumlah sampel sebanyak 32 observasi, dengan metode nonprobability sampling danmetode pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis data penelitian iniyaitu analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa profitabilitas tidakberpengaruhpadaintensitas pengungkapan CSR, kepemilikan asing tidak berpengaruh pada intensitas pengungkapan CSR, kepemilikan manajemen berpengaruh positif pada intensitas pengungkapan CSR, dan leverage berpengaruh negatif pada intensitas pengungkapan CSR. Hasil penelitian memberikan dasar bagi manajemen dalam mengambil kebijakan pengungkapan intensitas CSR.