Journal article

Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Moderasi

Kalvarina Sabatini I Putu Sudana

Volume : 14 Nomor : 1 Published : 2019, January

Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis

Abstrak

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility pada nilai perusahaan dan mengetahui manajemen laba memoderasi pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility pada nilai perusahaan. Grand theory yang digunakan dalam penelitian adalah agency theory. Populasi pada penelitian adalah perusahaan yang terdaftar pada Indeks Bisnis 27 periode 2014-2016 yang terdapat di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh negatif signifikan pada nilai perusahaan serta manajemen laba tidak berpengaruh signifikan dalam pengaruh Corporate Social Responsibility pada nilai perusahaan. Implikasi teoritis penelitian menunjukkan temuan penelitian sejalan dengan signalling theory tetapi tidak sejalan dengan agency theory. Disisi lain, implikasi praktis penelitian dapat menjadi bahan pertimbangan bagi calon investor maupun investor dalam mengambil keputusan dengan melihat informasi CSR yang diungkapkan oleh perusahaan. Kata Kunci: CSR, manajemen laba, nilai perusahaan