Journal article
Pengaruh Corporate Social Responsibility Pada Manajemen Laba
Ni Luh Nia Ardiani I Putu Sudana
Volume : 24 Nomor : 3 Published : 2018, September
E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh corporate social responsibility pada manajemen laba dengan good corporate governance sebagai variabel moderasi pada perusahaan high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Sampel sebanyak 33 amatan yang diperoleh dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis regresi moderasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh negatif pada manajemen laba, kepemilikan institusional dan komite audit memoderasi pengaruh corporate social responsibility pada manajemen laba. Kepemilikan manajerial tidak memoderasi pengaruh corporate social responsibility pada manajemen laba. Teori biaya politik menyatakan biaya politis yang tinggi akan cenderung memberikan peluang melakukan manajemen laba. Hasil penelitian ini tidak sejalan dengan teori biaya politis tersebut. Hasil penelitian ini memberikan argumentasi bahwa pengungkapan corporate social responsibility yang luas, tidak selalu diikuti dengan praktik manajemen laba.