Journal article

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CSR PEMODERASI

Ni Luh Asri Suryaputri Sudjana I Putu Sudana

Volume : 19 Nomor : 3 Published : 2017, June

E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

Pengungkapan Corporate Social Responsibility merupakan proses pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Aktivitas ini dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan ikut aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan sehingga tidak mengorbankan kemampuan dan kebutuhan generasi muda dimasa datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR dengan profile perusahaan sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa profile perusahaan mampu memperkuat pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, proporsi dewan komisaris independen pada pengungkapn CSR sedangkan profile perusahaan memperlemah pengaruh leverage pada pengungkapn CSRTingkat intensitas pengungkapan CSR ditentukan oleh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, proporsi dewan komisaris independen, dan profile perusahaan. Kata kunci: CSR, Size, ROA, Leverage, Proporsi Dewan Komisaris Independen ABSTRACT Corporate Social Responsibility is process of communication related to social and environmental impacts of economic activities undertaken by this activities are also should make a positive contribution to society and actively participate in protecting the environment thus not compromising the capabilities and needs for young generation. This study aims to examine the factors that affect the CSR the company profile as moderating variables. This research was conducted in manufacturing companies listed on Indonesia Stock Exchange 2013 until 2015. Samples selected by purposive sampling method. Data analysis technique is Moderated Regression Analysis. Results of statistical test t indicates that the profile company is able to strengthen the influence of company size, profitability, the proportion of independent board on CSR disclosure while the company profile weakens the effect of leverage on CSR disclosure intensity level of CSR is determined by company size, profitability, leverage, proportion of independent board, and the company. Key word: CSR, Size, ROA, Leverage, Proportion Dewan Komisaris Independent